3 Rahasia Manfaat Batang Sereh Untuk Kesehatan - Apanji Herbal

Latest

Senin, 24 September 2018

3 Rahasia Manfaat Batang Sereh Untuk Kesehatan

Manfaat Batang Sereh Untuk Kesehatan

Manfaat Batang Sereh Untuk Kesehatan - Selamat datang di blog kesehatan apanjiherbal.blogspot.com. Pada blog ini Anda akan mendapatkan berbagai informasi tentang kesehatan dan semua tentang herbal.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang manfaat batang sereh untuk kesehatan. Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama tanaman ini, karena tanaman ini sangat sering sekali dijadikan sebagai penyedap makanan.

Tahukan Anda ? ternyata sereh tidak hanya sering dijadikan sebagai penyedap makanan saja, tanaman rempah-rempah ini juga memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Apa saja itu manfaatnya ? tenang dulu, kami disini akan menjelaskannya secara detai sejak awal untuk Anda. 

Ingin tahu penjelasan lebih lengkapnya ? cekidot, mari kita lanjutkan pembahasanya dibawah ini.

Apa itu sereh ?

Tanaman sereh memiliki nama latin yaitu Cymbopogon Citratus dan tanaman ini termasuk kedalam keluarga poaceae. Tanaman herbal ini berasal asli dari daerah selatan negeri india Sri lanka.

Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan, sereh atau biasa disebut dengan serai memiliki kandungan minyak atsiri yang sangat melimpah, minyak itu diantaranya asam sitrat, sitronelol, kanfen, sabinene dan juga sebagainya.

Fakta Nutrisi Sereh

Sebelum kita membahas tentang manfaatnya, alangkah baiknya jika kita membahas terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada tanaman seeh. Berikut ini adalah kandungan yang terdapat pada daun sereh.

Selain sering digunakan sebagai penyedap makanan, ternyata sereh juga memiliki kandungan nutrisi yang begitu banyak, Selain sering digunakan sebagai penyedap makanan, ternyata sereh juga memiliki kandungan nutrisi yang begitu banyak. 

Daun sereh mengandung mineral yang berupa magnesium, zat besi, potasium, fosfor, mangan, kalsium, seng dan tembaga. Dan daun sereh mengandung vitamin dengan bentuk vitamin B12, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B3, dan vitamin C.

Selain kandungan nutrisi seperti diatas, sereh juga mengandung antioksidan, flavonoid dan kandungan senyawa fenolik seperti senyawa glikosida, luteolin, kaempferol, kuersetin, catecol. eliminin, asam caffeic dan asam chlorogenic.

Bagaimana, banyak bukan kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang memiliki manfaat untuk kesehatan ?

Sudah bisa dibayangkan dong sekarang, bagaimana sereh ini memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya ? mari kita simak penjelasanya dibawah ini.

Manfaat Sereh Untuk Kesehatan

Kita sudah mengetahui kandungan yang terdapat pada daun sereh, begitu banyak bukan ? kini sudah saatnya Anda mengetahui manfaat sereh untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat sereh untuk kesehatan:

1. Menurunkan darah tinggi

Apakah Anda memiliki riwayat darah tinggi ? jika punya, anda sangat beruntung karena telah menemukan artikel ini. Bagi Anda yang menderita darah tinggi dianjurkan untuk mengkonsumsi rebusan serai secara rutin dan juga teratur. 

Dengan Anda mengkonsumsi daun sereh secara rutin, maka akan membuat tekanan darah tinggi menjadi normal dan membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

Tanaman sereh ini sudah digunakan sejak lama oleh para nenek moyang di Indonesia. Serai mengandung potassium yang sangat tinggi, sehingga dapat menurunkan darah tinggi di dalam tubuh.

2. Menurunkan kadar kolestrol

Di dalam daun serai terdapat kandungan yang bersifat hiperkolesterolemia, Dimana kandungan tersebut untuk menyeimbangkan kadar kolestrol dan menurunkan kadar kolestrol jahat pada darah.

Daim serao juga dapat membantu untuk mencegah akumulasi lemak pada peredaran darah, dan dapat meningkatkan aliran darah pada sekitaran arteri, hal ini dapat membantu untuk terhindari dari penyakit jantung dan juga stroke.

3. Menjaga pencernaan

Jika Anda rutin mengkonsumsi air rebusan sereh (serai), maka air rebusan tersebut akan memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Zat microba yang terdapat pada daun serai mampu membasmi bakteri jahat dan parasit serta mengembalikan fungsi dari bakteri yang baik dalam pencernaan. Sehingga, gangguan-gangguan pencernaan seperti maag, perut kembung, sembelit, diare dan juga yang lainya.


Artikel lainya:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar